INOVASI: GEMBIRA (GENERASI PAHAM BERMEDIA DIGITAL)

 

smpn6mataram.sch.id, MATARAM (17/09/2024)- Di zaman yang semakin berkembang, media digital menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari hari terutama di dalam kalangan pelajar terlebih di kalangan siswa sekolah menengah pertama (SMP). Pada usia ini, mereka mulai lebih sering terhubung dengan dunia maya melalui media sosial, aplikasi pesan, dan platform lainnya. Mereka dapat dengan mudah mengakses berbagai hal hanya melalui device mereka. Hal ini diperkuat data Unicef.org pada tahun 2023, sebanyak 30 juta anak Indonesia berkontribusi sebagai user internet atau setiap 1 detik terdapat user baru dari generasi Z (Subrianto, 2024). 

Berdasarkan hasil asesmen awal yang dilakukan, sebagian besar siswa di SMPN 6 mataram juga merupakan pengguna aktif media sosial. Namun penggunaan media digital dikalangan siswa tidak selalu memberikan dampak yang positif. Seringkali tidak digunakan dengan bijak, lebih banyak mengakses hal-hal yang tidak terlalu bermanfaat bahkan keseharian mereka dapat dihabiskan hanya dengan berselancar di internet tanpa disertai dengan pemahaman yang memadai tentang ancaman dan cara melindungi data pribadi di dunia digital. Banyak siswa yang tidak menyadari potensi bahaya seperti peretasan, penipuan online, dan perundungan siber.

Oleh karena itu, dibutuhkan upaya yang lebih inovatif untuk menyajikan ataupun mengemas materi yang interaktif, mudah dipahami, relevan dengan dunia mereka agar mereka lebih tertarik serta memberikan pengalaman belajar yang dapat melekat dalam ingatan. Salah satunya melalui pengembangan media pembelajaran. Gembira (Generasi Paham Bermedia Digital) yaitu bentuk pengembangan MPI (Media Pembelajaran Interaktif) yang tidak hanya menyajikan konten melalui fitur yang menarik seperti video, kuis, game, refleksi, selain itu, untuk memberikan visualisasi yang lebih nyata terkait keamanan digital, MPI juga dilengkapi dengan AR Card (Augmented Reality Card), yang memanfaatkan teknologi AI untuk menciptakan visualisasi yang menarik sehingga menambah pengalaman siswa dalam proses pembelajaran.

Oleh karena itu, dibutuhkan upaya yang lebih inovatif untuk menyajikan ataupun mengemas materi yang interaktif, mudah dipahami, relevan dengan dunia mereka agar mereka lebih tertarik serta memberikan pengalaman belajar yang dapat melekat dalam ingatan. Salah satunya melalui pengembangan media pembelajaran. Gembira (Generasi Paham Bermedia Digital) yaitu bentuk pengembangan MPI (Media Pembelajaran Interaktif) yang tidak hanya menyajikan konten melalui fitur yang menarik seperti video, kuis, game, refleksi, selain itu, untuk memberikan visualisasi yang lebih nyata terkait keamanan digital, MPI juga dilengkapi dengan AR Card (Augmented Reality Card), yang memanfaatkan teknologi AI untuk menciptakan visualisasi yang menarik sehingga menambah pengalaman siswa dalam proses pembelajaran.

Media GEMBIRA dapat diakses melalui: DOWNLOAD 

Share on Google Plus

About Ruang Belajar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Comments:

Posting Komentar